Tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman Khusus Untuk Kalian Temukan Beragam Hal Menarik & Asyik, HANYA disini !!

Minggu, 10 April 2011

Ethernet


Sejarah Ethernet
Robert Metcalfe mengembangkan Ethernet pertama kali di Pusat Riset Xerox Palo Alto yang terkenal (PARC) pada tahun 1972. Orang-orang di Xerox PARC telah mengembangkan workstation personal dengan antarmuka pengguna grafis. Mereka membutuhkan teknologi jaringan untuk workstation dengan printer laser yang baru dikembangkan mereka. (Ingat, PC pertama, MITS Altair, tidak diperkenalkan ke publik sampai tahun 1975.)
Metcalfe awalnya menamakan sebagai jaringan Alto Aloha Network. Ia mengubah nama untuk Ethernet pada tahun 1973 untuk membuat jelas bahwa semua jenis perangkat bisa terhubung ke jaringannya.  Dia memilih nama “eter” karena jaringan yang dibawa bit untuk setiap workstation dengan cara yang sama bahwa para ilmuwan pernah berpikir gelombang disebarkan melalui ruang oleh “eter luminiferous.”
Publikasi pertama Metcalfe’s tentang Ethernet eksternal untuk publik adalah pada tahun 1976. Metcalfe meninggalkan Xerox, dan pada tahun 1979 Digital Equipment Corporation (DEC), Intel, dan Xerox untuk menyepakati standar umum yang disebut DIX Ethernet.
Pada tahun 1982, Institute of Engineers Listrik dan Elektronika (IEEE) mengadopsi standar yang berbasis pada Ethernet Metcalfe.

Proses standardisasi teknologi Ethernet akhirnya disetujui pada tahun 1985 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dengan sebuah standar yang dikenal dengan Project 802. Standar IEEE selanjutnya diadopsi oleh International Organization for Standardization (ISO), sehingga menjadikannya sebuah standar internasional dan mendunia yang ditujukan untuk membentuk jaringan komputer. Karena kesederhanaan dan keandalannya, Ethernet pun dapat bertahan hingga saat ini, dan bahkan menjadi arsitektur jaringan yang paling banyak digunakan.
Apa itu Ethernet
Ethernet bisa digambarkan sebagai sebuah sistem yang menghubungkan komputer dalam sebuah bangunan atau dalam local area.
Ini terdiri dari hardware (kartu antarmuka jaringan), perangkat lunak, dan kabel digunakan untuk menghubungkan komputer. Semua komputer pada Ethernet yang terpasang pada data link bersama, sebagai lawan dari jaringan point-to-point tradisional, di mana satu perangkat tersambung ke perangkat lain tunggal. Karena semua komputer berbagi data link sama pada jaringan Ethernet, jaringan membutuhkan protokol untuk menangani keadaan jika beberapa komputer ingin mengirimkan data pada saat yang sama, karena hanya satu yang dapat bicara pada satu waktu tanpa menyebabkan gangguan. penemuan Metcalfe’s memperkenalkan beberapa arti pembawa tabrakan akses mendeteksi (CSMA / CD) protocol. CSMA / CD mendefinisikan bagaimana komputer harus mendengarkan jaringan sebelum transmisi. Jika jaringan sepi, komputer dapat mengirimkan data. Namun, masalah timbul jika lebih dari satu komputer mendengarkan, mendengar keheningan, dan mengirimkan pada saat yang sama: bertabrakan data. Tabrakan-mendeteksi bagian dari CSMA / CD mendefinisikan sebuah metode di mana komputer transmisi kembali setelah tabrakan terjadi dan secara acak berusaha untuk memulai kembali transmisi. Ethernet awalnya dioperasikan pada 3 Mbps, tapi hari ini beroperasi pada kecepatan mulai dari 10 Mbps (yang 10 juta bit per detik) untuk 10 Gbps (yang 10 milyar bit per detik).

Perkembangan Ethernet
Ketika masa awal Metcalfe mengembangkan Ethernet, Jaringan komputer dibuat dengan menghubungkan dengan sebuah kabel tembaga tunggal.  Keterbatasan fisik sepotong kabel tembaga mencatat sinyal-sinyal listrik dibatasi seberapa jauh jarak komputer satu sama lain pada sebuah Ethernet. Repeater membantu meringankan keterbatasan jarak. Repeater adalah alat kecil yang meregenerasi sinyal listrik pada kekuatan sinyal asli. Proses ini memungkinkan Ethernet untuk bisa memperpanjang melintasi lantai kantor yang mungkin melebihi batasan jangkauan Ethernet. Penambahan atau penghapusan perangkat pada kabel Ethernet mengganggu jaringan untuk semua perangkat yang terhubung lainnya. perangkat yang disebut hub Ethernet memecahkan masalah ini.
Pertama, masing-masing port pada hub sebenarnya repeater.

Kedua, hub menyederhanakan tips Ethernet dan administrasi. Sebagai jaringan tumbuh lebih besar, perusahaan harus sesuai komputer lebih banyak dan lebih ke sebuah Ethernet.
Hub dan Repeter ini bekerja pada Physical Layer dalam model OSI. Fungsi dari Hub dan Repeater ini sederhananya adalah meneruskan paket data yang dikirim dari PC tanpa memiliki kecerdasan seperti Router yang memiliki filtering destination baik IP, MAC Address dan lain-lain sehingga hanya memiliki kemampuan meneruskan saja ke alamat yang akan dituju.
Data yang dikirim oleh sebuah computer akan disampaikan ke tujuan dengan menyebarkan berita (broadcast) ke seluruh computer yang terhubung dalam satu terminal (Hub/Repeater), akibatnya seluruh computer yang terhubung akan menerima paket data dan jika dalam waktu yang bersamaan ada computer lain yang mengirim paket data maka yang terjadi adalah crush atau tumbukan data, dan ini akan mempengaruhi kelancaran arus data dalam jaringan tersebut. Computer-computer yang berada dalam LAN yang sama akan memiliki broadcast yang sama atau yang disebut broadcast domain. Hub dan Repeater tidak memiliki kemampuan untuk meneruskan data ke computer lain yang berada dalam broadcast domain atau network ID yang lain, oleh sebab itu IP Address yang diberikan pada computer yang berada dalam LAN yang sama biasanya memiliki network yang sama pula.
Sebagai contoh yang dimaksud dengan satu broadcast domain adalah :
PC A yang berada dalam 1 network dan 1 terminal dengan IP 192.168.1.4 sampai dengan 192.168.1.52 dengan subnet 255.255.255.0 dan PC B yang berada dalam 1 network lain dan 1 terminal dengan IP 192.168.2.6 sampai dengan 192.168.2.70 dengan subnet 255.255.255.0 maka PC A yang berada pada network 192.168.1.4 disebut 1 broadcast domain dan PC B yang berada pada network 192.168.2.6 berada pada broadcast domain yang lain.

Protokol yang digunakan adalah Ethernet IEEE 802.3 menggunakan pola aliran data Carrier Sense Multiple Access Collision Detection (CSMA-CD), dengan definisi : yaitu suatu cara computer untuk memeriksa jaringan apakah ada pengiriman data oleh pihak lain. Jika tidak ada pengiriman data maka data oleh pihak lain tersebut baru akan dikirimkan. Umumnya jaringan Ethernet dipakai hanya untuk transmisi half-duplex, yaitu pada suatu saat hanya dapat mengirim atau menerima saja.
Hub dan Repeater hanya memiliki 1 collision domain, sehingga seluruh computer yang terhubung jika salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.
Mengapa kita harus mempelajari Ethernet
Ethernet dikembangkan pada tahun 1972 sebagai cara untuk menghubungkan komputer dengan printer laser yang saat itu baru dibuat.
Hal itu diakui bahkan pada waktu itu sebagai sebuah terobosan teknologi yang luar biasa.
Namun, sedikit orang mengira bahwa keberhasilan menghasilkan teknologi untuk menghubungkan komputer dan perangkat akan mengubah komunikasi manusia pada skala yang sama dengan penemuan bisnis telepon dan perubahan pada skala Revolusi Industri.

Beberapa protokol bersaing telah muncul sejak 1972, namun tetap Ethernet standar dominan untuk menghubungkan komputer ke jaringan area lokal (LAN). Selama bertahun-tahun Ethernet dominan dalam jaringan rumah juga.
Ethernet adalah cara berbagi resource di mana stasiun akhir (komputer, server, dan sebagainya) semua memiliki akses ke media transmisi pada waktu yang sama. Hasilnya adalah bahwa hanya satu perangkat dapat mengirimkan informasi pada satu waktu.
Mengingat keterbatasan ini, ada dua solusi yang layak:

  • Gunakan mekanisme pembagian: Jika semua stasiun akhir dipaksa untuk berbagi data lewat kabel data, harus ada aturan untuk memastikan bahwa setiap stasiun akhir menunggu gilirannya sebelum transmisi. Dalam hal transmisi simultan, harus ada aturan untuk mentransmisi.
  • Bagilah segmen berbagi, dan melindungi mereka:
Solusi lain keterbatasan sumber daya bersama adalah dengan menggunakan perangkat yang mengurangi jumlah stasiun mengakhiri berbagi sumber daya pada suatu waktu tertentu.
Ethernet Collisions
Dalam LAN tradisional, para user semua akan berbagi port yang sama pada perangkat jaringan dan akan berebut bandwidth.
Keterbatasan utama seperti setup adalah bahwa hanya satu perangkat dapat mengirimkan pada suatu waktu. Segmen yang berbagi sumber daya dengan cara ini disebut collision domain, karena jika dua atau lebih perangkat transmisi pada waktu yang sama, informasi yang “bertabrakan,” dan titik akhir keduanya harus mengirim ulang informasi mereka (pada waktu yang berbeda). Biasanya perangkat baik menunggu sejumlah waktu acak sebelum mencoba untuk mentransmisikan data kembali.
Metode ini bekerja dengan baik untuk sejumlah kecil pengguna segmen, dimana masing-masing memiliki kebutuhan bandwidth yang relatif rendah. Karena meningkatnya jumlah pengguna, efisiensi collision domain menurun tajam, ke titik di mana akan terjadi overhead lalu lintas (manajemen dan kontrol) jaringan.

Segmen kecil
Segmen dapat dibagi untuk mengurangi jumlah pengguna dan meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk setiap pengguna dalam segmen ini. Setiap segmen baru yang diciptakan menghasilkan collision domain baru.
Lalu lintas dari satu segmen atau tabrakan domain tidak mengganggu segmen lainnya, sehingga meningkatkan bandwidth yang tersedia setiap segmen. Pada gambar berikut, segmen masing-masing memiliki bandwidth yang lebih besar, tetapi semua segmen masih pada backbone yang sama dan harus berbagi bandwidth yang tersedia.
Pendekatan ini bekerja paling baik bila perawatan diambil untuk memastikan bahwa pengguna terbesar bandwidth ditempatkan dalam segmen terpisah.

Ada beberapa metode dasar untuk membagi LAN Ethernet ke collision domain lebih:
  • Gunakan bridges untuk membagi collision domain.
  • Gunakan switch untuk menyediakan domain yang didedikasikan untuk setiap host.
  • Gunakan router untuk trafik rute antara domain (dan tidak lalu lintas rute yang tidak penting ke domain lain).
Berikut ini membahas segmentasi menggunakan bridges dan router.
multisegment
Meningkatkan Bandwidth
Selain menciptakan segmen tambahan untuk menambah bandwidth yang tersedia, Anda dapat menggunakan media yang lebih cepat seperti serat optik atau Gigabit Ethernet.
Meskipun teknologi ini lebih cepat, mereka masih merupakan media bersama, sehingga collision domain akan tetap ada dan akhirnya akan mengalami masalah yang sama sebagai media lambat.

Ethernet Segmen
Segmen adalah bentuk jaringan yang paling sederhana, di mana semua perangkat secara langsung dihubungkan.
Dalam jenis ini pengaturan, jika salah satu dari komputer akan terputus, atau jika ada yang ditambahkan, segmen dinonaktifkan.

segment
Hubs
Hub memungkinkan Anda untuk menambah dan menghapus komputer tanpa menonaktifkan jaringan, tetapi mereka tidak menciptakan collision domain tambahan.
hubs
Repeater
Repeater hanya memperpanjang jarak transmisi dari segmen Ethernet.
repeater
Bridges
Bridges adalah Layer 2 sederhana perangkat yang menciptakan segmen baru, sehingga tabrakan lebih sedikit.
Bridges harus mempelajari alamat dari komputer di setiap segmen untuk menghindari lalu lintas meneruskan ke salah
pelabuhan. Tidak seperti hub, yang biasanya digunakan untuk jaringan dengan sejumlah kecil stasiun akhir (4 sampai 8), jembatan dapat menangani jaringan yang jauh lebih besar dengan puluhan stasiun akhir.

bridge
Switched Ethernet
Sebuah switch LAN dapat dianggap sebagai kecepatan-tinggi, jembatan multiport dengan otak.
Switch tidak hanya mengizinkan setiap stasiun akhir untuk memiliki port khusus (artinya bahwa tidak ada tabrakan terjadi).
Mereka juga memungkinkan stasiun akhir untuk mengirim dan menerima pada waktu yang sama (menggunakan full duplex), sangat meningkatkan efisiensi LAN.

switch
LAN Router
Router LAN berbasis sangat memperpanjang kecepatan, jarak, dan kecerdasan Ethernet LAN.
Router juga memungkinkan lalu lintas yang akan dikirim bersama multipel path.
Router, bagaimanapun, memerlukan sebuah protokol yang umum antara stasiun router dan akhir.

lanrouter
Apa yang telah mereka berikan
Pada 1970-an Xerox Corporation membentuk sebuah kelompok peneliti berbakat untuk menyelidiki teknologi baru.
Kelompok baru ini ditempatkan di Palo Alto Research Center yang baru dibuka (PARC), jauh dari kantor pusat perusahaan di Connecticut.

Selain mengembangkan Ethernet, orang-orang brilian di PARC menemukan teknologi yang akhirnya di kembangkan untuk pengembangan komputer pribadi (PC), antarmuka pengguna grafis (GUI), cetak laser, dan integrasi yang sangat-skala besar (VLSI).
Bisa dijelaskan, Xerox Corporation gagal memanfaatkan kecemerlangan (dan kelangsungan hidup komersial) dari banyak inovasi lembaga riset ini dan membiarkan mereka keluar di manfaatkan oleh Apple dan Microsoft.

Untuk memberikan gambaran tentang berapa biaya Xerox dalam hal pengembangan, anggaran untuk peralatan Ethernet di seluruh dunia lebih dari $ 7 miliar pada tahun 2006 dan diperkirakan akan tumbuh hingga lebih dari $ 10 miliar pada 2009. Jelas tidak berlebihan jika Apple, Intel, Cisco, HP, dan Microsoft. seharusnya berterima kasih terhadap Xerox.
collisions

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Posting Komentar